Tuesday, October 29, 2013

Day 4: Your views on religion

Jujur aja, gue bukan orang yang religius. Gue sholat, gue puasa, tapi sering bolong juga hehehehe :p
Nyokap bokap gue beda agama. Setiap kali gue cerita ke orang lain masalah ini, yang sering gue temuin adalah muka kaget. Kemungkinannya dua, mereka kaget karena kondisi nyokap bokap gue atau kaget ternyata gue islam wkwk. Beneran yang kaget gue islam banyak banget!!

Pernah ada suatu kejadian, suatu hari lagi ada acara di kampus yang berjalan dari jam pagi sampe sore, nah pas jam 3 ada break untuk sholat ashar. Akhirnya gue dan temen gue sholat di musholla gedung administrasi kampus yang emang terdekat dari spot acara tadi. Setelah wudhu, kita masuk ke musholla, ternyata anak-anak cowo dari acara yang sama udah mulai rakaat 1, kita langsung nimbrung. Abis sholat, kita beres-beres mukena terus keluar. Tau-tau, dicky, temen deket gue, nyamperin.
“ANJIR, LO ISLAM?”
Sumpah itu kocak.

Yak kembali ke masalah agama tadi, sekeluarga semuanya islam, kecuali nyokap, she’s Catholic. Dalam kehidupan nyata sih gue nggak merasa perbedaan ini ngaruh-ngaruh amat. Paling ya, nyokap ga ikut sholat jamaah bareng. Nyokap ga ikutan puasa, ga masakin sahur dan gue mesti nyuapin adek waktu pagi-pagi buta. OKE ITU KERASA.

Di luar hal-hal itu gue ngerasa biasa aja. Doi ngejalanin ibadah agamanya sendiri, dan begitu juga the rest of the family.

Tapi tanpa gue sadari, perbedaan di keluarga ini ngebuat gue lebih bisa ngeliat semuanya lebih jelas. Kalo gue jelasin lebih jauh lagi ke keluarga nyokap, di sana semua agama ada. Islam Christian Catholic Hindu Budha, yep semuanya ada. Lewat sini, gue diajarin buat toleransi satu sama lain. Dulu waktu gue masih hidup di Surabaya(keluarga besar nyokap mayoritas di surabaya), gue merayakan seluruh hari raya keagamaan. Dan itu menyenangkan. Gue suka lebaran, tapi gue juga suka natal. Gue percaya Allah, tapi gue juga yakin kepercayaan saudara-saudara gue ngga salah.

Yang gue pelajari tentang kepercayaan, ini pilihan hati. Lo ga bisa maksain seseorang untuk memercayai sesuatu. Kenapa? Karena agama secara ngga sadar, lo jalani sehari-hari. Menurut gue agama itu simply sebuah cara untuk mengurangi ke-chaotic-an dunia. Coba kalo ngga ada agama, ada handphone jatoh di depan mata lo, kalo ngga ada yang liat, lo ambil ga? Agama itu penanaman moral.

Agama itu penguatan. Saat lo ngga punya siapa-siapa, lo tau bisa lari kemana. Lo tau lo bisa nangis di pundak siapa. Tuhan. Gue percaya tuhan itu ada, setiap gue ada masalah, gue selalu yakin kalo setiap masalah itu eventually bakal selesai. Karena gue yakin, Tuhan ngasih gue masalah untuk ngebuat gue lebih kuat, dan masalah-masalah itu pasti bisa gue lewatin. Cuma kadang kadang manusia suka jahat, lupa sama Tuhan kalo lagi seneng. Termasuk gue.


Makanya gue suka bingung kalo orang pada ribet masalah agama dan saling ngatain sana sini. Padahal agama itu kepercayaan yang lo simpen di hati masing-masing. 

No comments:

Post a Comment